Senin, 02 Juni 2014

# jalan-jalan

Caper : One Day Trip to Solo with IIDN Semarang

Dalam rangka ultah IIDN ke-4, IIDN Semarang ngadain acara yang judulnya keren. Yaitu One Day Trip to Solo. Tujuan utamanya mengunjungi penerbit Tiga Serangkai di jalan Dr. Soepomo no.23 Solo. Nama komunitasnya aja Ibu-ibu Doyan Nulis, pasti kalo ngadain acara harus yang ada hubungannya dengan dunia kepenulisan. Cuma itu aja? Tentu tidak! Yang namanya emak-emak, pasti nggak bisa dipisahkan dengan acara belanja-belanja dan wisata kuliner * hayo…ngaku.

Setelah diumumkan dan ditunggu sampai batas akhir pendaftaran, tercatat 30 orang yang mendaftar. Eh, 30 itu sudah termasuk anak-anak loh. Saya ngajak Nabila, karena dia ngotot ikut. Maklum, sejak pindah dari Jakarta, kita memang nggak pernah jalan-jalan. Oke lah, sebagai emak yang baik, saya biarkan dia membolos sekolah demi jalan-jalan ke Solo *ups, bukan contoh yang baik, ya, Saudara-saudara.

sambil nunggu bus, foto2 dulu
Bus meninggalkan meeting point 1 alias masjid Baiturrahman sekitar pukul 06.30, menuju rumah mak Fenti di Ngesrep. Dari meeting point 2 inilah, bus melaju ke Solo. Di tengah perjalanan, selain membagikan snack dan air mineral, panitia juga memberikan doorprize berupa aneka buku dan voucher pada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan. Ehm, saya nggak dapat, gara-gara salah menyebut tanggal lahir IIDN. Harusnya 23 Mei, saya jawab 24 Mei. Yaaah…cuma selisih 1 hari aja masak nggak boleh sih, Mak? * dijitak panitia.

Sekitar jam 11.00, rombongan tiba di kantor Penerbit Tiga Serangkai. Wow…ada tulisan selamat datang IIDN Semarang di pintu masuk * norak banget sih saya. Melihat buku-buku yang dipajang di galeri, mata emak-emak langsung ijo. Mas Verry Kurniawan, humas-nya TS, langsung mengalihkan perhatian emak-emak yang mulai kalap itu, “ Belanjanya nanti saja, ya. Sekarang silakan menuju lantai 4 dulu.” Ngos-ngosan juga ya…naik tangga. Untung sampai di atas langsung disuguhi snack dan air mineral, ilang deh capeknya * tsaah.

Di ruang pertemuan, kami disambut oleh Mas Irfan Zaenudin, Manajer Buku Umum TS, juga beberapa editor yang selama ini cuma saya kenal namanya lewat FB seperti Mbak Windri dan Mbak Tiara. Dalam sambutannya, Mas Irfan menyampaikan sedikit sejarah berdirinya Tiga Serangkai. Bahwa sang founder, Bapak Haji Abdullah Marzuki (alm) dan Ibu Hj. Siti Aminah, dulu adalah guru SD. Berangkat dari keprihatinan tentang minimnya buku pelajaran, mereka membuat materi pelajaran yang dicetak stensil dan ditawarkan ke sekolah-sekolah lain. Ternyata, buku stensilan mereka itu mendapat respon positif.

TS yang didirikan tahun 1959, memang awalnya hanya mencetak buku-buku pelajaran. Namun sejak tahun 2003, TS juga membuat buku umum. Menjawab pertanyaan beberapa emak yang menanyakan buku yang paling laris terbitan TS saat ini, Mas Irfan menjawab, buku-buku yang isinya kisah inspiratif seperti kisah Pak Jokowi dan Pak Habibie. Kalau novel, novel sejarah kayak karangan Pak Langit Kresna Hariadi yang judulnya Gajah Mada.
ini loh Pentalogi Gajah Mada yang fenomenal itu
Oh, ya, di tengah acara seorang editor menyampaikan naskah karya 3 emak-emak IIDN Semarang yang sudah mau naik cetak. Judul bukunya Anakku, Tiket Surgaku, penulisnya….tara! Mak Uniek, Mak Aan, dan Mak Wuri. Prok…prok…prok…, kapan ya giliran tulisan saya * halah, lha wong kirim aja enggak. Kata Mas Irfan, “Mudah-mudahan setelah ini, ada lagi tulisan anggota IIDN Semarang yang diterbitkan di sini.” Amin…amin…

Usai acara sambutan kedua belah pihak, dilanjut dengan keliling kantor dan pabrik, melihat proses pembuatan dan pencetakan buku. Pertama turun ke lantai 3, ruang di mana para editor bekerja. Kami diperbolehkan melihat-lihat cara kerja mereka. Sebagian mas-mas editor kabur menghindar, sebagian tak bisa pergi dari meja kerjanya karena sudah dikepung emak-emak, hahaha…

gangguin mas editor lg kerja
Puas ngerjain mbak dan mas editor, kami diajak mampir ke ruang perpustakaan TS, masih di lantai 3. Beraneka buku dipajang di sini sebagai bahan referensi, artinya bukan hanya terbitan TS saja. Ternyata di salah satu ruangan, ada Pak LKH, sang penulis buku Gajah Mada yang fenomenal itu. Sengaja beliau minta satu ruangan di TS untuk menulis agar lebih bisa konsentrasi dan mudah setor naskah sama editornya. Padahal beliau bukan karyawan TS loh. Itulah enaknya kalo udah terkenal. Tulisannya ditunggu-tunggu, minta tempat aja disediakan * mupeng.

menyimak dgn serius
Beliau tahu aja kalo emak-emak ini mau minta foto bareng. Dengan ramahnya, beliau menuruti keinginan kami. Jadilah beliau seperti harimau di sarang perawan, eh...lebih tepatnya kuning di antara lautan merah. Hehehe…dress code kami hari itu kan merah, sementara beliau berkaus kuning.

foto bareng Pak LKH
Setelah puas foto bareng Pak LKH, kami diajak turun ke lantai 1 untuk melihat aneka mesin raksasa. Mas Verry menerangkan pada kami semua proses pencetakan buku. Mulai dari proses mencetak naskah ke plat besar sampai proses pengepakan buku yang sudah siap edar. Wuih…panasnya berada di dalam sana.

Berhubung sudah menjelang jam 13, acara selanjutnya ya…ishoma. Usai sholat di lantai 1, naik lagi ke lantai 4, hosh…hosh…hosh…Nasi kotak pun dalam sekejap sudah berpindah tempat ke perut * laper sih. Keliling pabrik sudah, makan siang sudah, trus…pamitan deh. Mak Dewi Dedew selaku kepala suku memberikan plakat kepada pihak TS. Tak lupa foto-foto dulu dengan spanduk IIDN Semarang yang baru. Ciiiis…

Turun lagi ke lantai 1 deh * capek nggak bacanya, saya aja capek kok naik turun tangga mulu. Sebagian menyelesaikan urusan keuangan di kasir, sebagian foto-foto di depan pintu masuk * teteup narsisnya mah. Sampai banyak yang komen kalo IIDN itu cocoknya singkatan dari Ibu-ibu Doyan Narsis, hihihi... Yuk, ah…lanjut destinasi berikutnya.

di pintu masuk TS
Atas usul beberapa pihak yang nggak mau pulang kemalaman, akhirnya diputuskan membatalkan beberapa rencana yaitu nonton latihan nari di Pura Mangkunegaran dan makan malam di Galabo, depan PGS. Mak Winda yang asli Solo, mengusulkan ke pusat batik Laweyan, beli oleh-oleh, sama makan di Café Tiga Tjeret aja. Saya dan sebagian peserta yang nggak ngerti tentang Solo, oke aja, hayuuuk…

Bus pun melaju ke daerah Laweyan. Terik matahari yang sangat menyengat tak menghalangi niat emak-emak untuk melihat-lihat daerah penghasil batik yang terkenal itu. Padahal letak kampung Laweyan agak masuk dari jalan besar, bus nggak bisa masuk. Jadi, kami harus rela berjalan kaki rame-rame. Mak Winda merekomendasikan Batik Putra Laweyan untuk kami singgahi. Tempatnya emang enak dan adem. Sayang, harga batiknya muahaaal untuk ukuran kantong saya. Ya, sesuai lah, itu kan baik tulis bukan batik cap. Yang buatan tangan pasti harganya beda sama yang pabrikan. Sebagai crafter saya tahu itu * halah.

numpang foto2 doang di depan galeri batik
Setelah beristirahat sejenak, lanjut cari oleh-oleh. Cemilan di toko itu nggak khas Solo semua, tapi yang pasti masih seputar Jawa Tengah dan Yogya. Kayak bakpia, getuk Trio, dll. Saya ngambil intip yang disiram kinca, khas Solo banget, buat oleh-oleh Mbak saya, dan bakpia untuk teman Nabila. Buat cemilan sendiri, saya ngikut Mbak Aan yang ngambil kacang tanah goreng  trus disambelin, apa ya namanya. Pokoknya itu makanan jadul, waktu saya masih anak-anak.

aneka cemilan

Selesai beli oleh-oleh, lanjut makan malam di Café Tiga Tjeret * loh kan masih sore,kok makan malam. Wow…(nggak pake koprol tapi), ini warung hik paling keren yang pernah saya temui. Beneran, pinter banget ownernya mengemas hik jadi cozzy kayak gitu. Soal rasa mungkin sama saja dengan hik lainnya, tapi kemasannya sungguh luar biasa. Yang membuat saya salut lagi, mereka memanfaatkan barang bekas sebagai asesoris. Seperti kap lampu dari botol plastik bekas dan hiasan dinding toilet dari bekas kemasan telur. Pokoknya, kapan-kapan kalo ke Solo harus ngajak suami ke situ…harus!

makan sore menjelang malam
Berhubung adzan Maghrib sudah berkumandang, kami pun sholat Maghrib dulu di saung kecil di pojokan café. Setelah itu, barulah bus melaju ke arah Semarang, mengantarkan kami pulang ke rumah masing-masing. Di masjid Baiturrahman, rombongan terakhir diturunkan. Sungguh ini hari yang menyenangkan buat saya. Bisa jalan-jalan bareng emak-emak IIDN, menambah ilmu dan wawasan, juga melepas kepenatan. Habis ini kita mau jalan-jalan ke mana lagi, Mak? * mulai ketagihan.