Senin, 02 Juni 2014

# ceritaku

Cerita di Balik Buku Resep Saya

Hura…hura…(kok kayak Masha), akhirnya buku solo pertama saya terbit juga. Rasanya seperti terbang ke awang-awang saat menerima bukti terbitnya. Pas ngliat di rak toko buku Gramedia, malah pengin pingsan *lebay pisan euy. Asal tau aja, Saudara-saudara, buku saya itu buku masakan. What? Dilihat dari tampangnya, pasti banyak yang nggak percaya kalo saya bisa masak. Lha wong saya sendiri aja juga nggak percaya * lho pie jal?

ini bukti terbit

penampakan di Gramedia Semarang Pandanaran

 Oke, daripada bingung, mari kita liat kronologinya *haish. Jadi begini, sekitar bulan Mei 2013, saya nglamar alias ngajukan outline ke sebuah agensi naskah, sebut saja namanya re! *itu mah bukan inisial, dodol. Waktu itu modal saya cuma nekat, karena kepepet nggak punya pemasukan,  yang ada pengeluaran besar-besaran. Karena peluang yang ada resep masakan, saya coba ikutan.

Nggak disangka-sangka, pagi saya kirim outline, sore dapat balasan email. Kira-kira isinya begini: oke, silakan dibuat 3 contoh resep masakan plus fotonya. Waktunya 1 minggu, lewat dari itu batal. Eh, nggak ding, orang-orang di agensi itu baik dan sabar semua.

Mulailah, saya browsing tentang aneka masakan yang dibungkus daun. Otak-atik dikit, jadilah. Masalah berikutnya: foto. Lha, saya kan nggak punya kamera. Telpon sana sini, akhirnya dapet pinjaman temen suami, syaratnya cuma 2 hari. Okelah, saya siapin masakannya, suami dan Nabila yang bagian foto-fotonya. Begitu selesai, saya kirim sampel resep dan fotonya. Sekitar 2 hari kemudian, saya dapat jawaban: oke, silakan dilanjutkan, Mbak, 20 resep waktunya 1 bulan. Mbak Ifah, sang editor, juga melampirkan tips membuat foto makanan yang menarik. Hmmm…1 bulan ya, trus minjem kamera siapa lagi?

 Tiba-tiba inget kakak tercinta yang tinggal di Bekasi. Dia kan punya kamera SLR. Segera saya hubungi dia. Dan akhirnya: deal.Di hari yang sudah disepakati, saya berangkat sendirian naik taxi ke Bekasi, suami nggak mau nganter sih * sibuk tenis. Dari pagi kami berdua masak-masak sampai siang. Barulah acara foto-fotonya sore hari. Sang fotografer  aka ponakan tercinta, Muthia, malah tidur saat masakan siap difoto. Kelamaan nunggu masaknya, kali, hehehe…Akhirnya sang pahlawan alias suami tercinta datang menjemput. Dialah yang akhirnya jadi fotografer masakan kami. Makasih my hubby, dah mau njemput, mau jadi tukang foto, lagi.

FYI, masakan yang kami masak di hari itu nggak sampai 20 resep lah. Jadi masih ada PR banyak nih. Dan untuk menyelesaikannya, saya harus pontang-panting. Mulai dari nyari peralatan untuk penyajian, pinjem foto kakak lagi, sampai foto-foto lagi. Berkat bantuan keluarga tercinta, akhirnya naskah terkirim tepat waktu. Alhamdulillah…

Dua bulan kemudian, uang hasil jerih payah itu cair. Nambah deh rekening saya yang tinggal saldo minimal. Kalo buku masakan gitu sistemnya jual putus, nggak pake royalty. Kecuali kalo ntar saya sudah kayak Bu Sisca Soewitomo, hahaha…*ngimpi! Dan buku solo pertama saya itu terbit setahun kemudian.

Nah…akhir Februari 2014, saat saya dah pindah rumah ke tanah Jawa, tiba-tiba Mbak Ifah muncul di kotak chatting FB.
If : selamat sore, Mbak, lagi sibuk apa nih?
Sy : lagi selingkuh nih…ngerjain flanel
If : kalo ngerjain buku masakan lagi mau?
Sy : saya coba dulu deh (gaya cool, sok nggak butuh uang)
If : silakan buat outline 20 soto nusantara, saya tunggu ya…
Sy : oke
Esoknya saya membuat sampel 3 macam soto berikut foto-fotonya. Kameranya? Pinjem punya temen dari keponakan saya * haish, rempong amat. Begitu saya kirim, esoknya dapat jawaban : oke, lanjut. Untuk buku kali ini disertai foto langkah pembuatan step by step. Waduh...

Nah, mulailah kehebohan terjadi hampir tiap hari di rumah. Saya yang bikin soto, Nabila yang bagian bikin fotonya. Yang namanya berselisih pendapat dan bertengkar sering terjadi. Biasalah…kadang saya kelamaan utak-atik, tau-tau dah sore. Matahari yang sudah mau tenggelam tidak bagus untuk pencahayaan foto. Nabila ngambek, saya yang teriak-teriak, “Ayo, difoto lagi.”

Lain waktu, saya yang patah semangat, “Kok riweuh banget ya, pake foto step by step. Rasanya capek, pengin berhenti.” Kalo sudah begini, Nabila yang menyemangati dengan joget-joget pake pom-pom,  “ Ayo, jangan putus asa. Ummi pasti bisa.” Melihat tingkah anak tercinta, semangat saya biasanya bangkit lagi. Saya harus mengajari dia untuk menyelesaikan sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawabnya, meski berat sekali pun.

proses masak dan fotonya di teras rumah loh
Demikianlah proses membuat buku kedua yang berdarah-darah, bahkan sempat terucap kata kapok ngerjain buku resep masakan * ups… Jujur, saya nggak stress soal proses masaknya, tapi soal penampilan makanan agar terlihat bagus di kamera. Kayaknya saya emang harus kursus fotografi nih. Saya dan Nabila sedang ngerayu si bebeb agar mau beliin kami kamera. Tapi jawaban beliau pasti gini, “ Bisa aja Abi beliin kalian kamera tapi kita puasa dulu 1 tahun, nggak usah jalan-jalan, makan-makan, atau beli buku.” Huaaaa….itu impossible, Beib!

2 komentar:

  1. wah selamat Mbak.. dan semangaaaatt.. :)

    BalasHapus
  2. makasih mbak Riski. yuk, ah...semangat nulis, jangan kalah sama emak2 paruh baya ini

    BalasHapus