Kamis, 10 September 2015

# ceritaku # jalan-jalan

Kunjungan ke Pabrik Indofood Semarang

Bersama dengan ibu-ibu anggota Paguyuban UMKM Kendal Permai, saya berkesempatan mengunjungi pabrik Indofood di Jl. Tambak Aji II/ 8, Tambak Aji, Ngaliyan, Semarang. Perjalanan dari komplek Kendal Permai ke pabrik sebenarnya nggak sampai 30 menit. Tapi karena ada beberapa meeting point penjemputan, ya…hampir satu jam baru rombongan sampai di TKP.

Nggak lama setelah turun bus milik pabrik, kami langsung diajak keliling pabrik melihat proses pembuatan mie instan. Dipandu oleh Pak Rustam, kami diberi penjelasan tentang semuanya. Uniknya angka-angka yang disebutkan selalu menunjukkan ke angka 2 dan 5 * tapi nggak ada hubungannya dengan goyang 25 ya. Misalnya sekali proses, membutuhkan tepung terigu Bogasari 250 kg, minyak Bimoli 2.500 liter.

Sebenarnya pabrik Indofood tidak hanya memproduksi mie instan, tapi ada bumbu-bumbu, makanan bayi, dan makanan ringan. Entah kenapa yang ditunjukkan untuk publik hanya pembuatan mie instan. Tapi kalo diajak keliling semua pabrik pasti bisa jadi bengkak nih kaki.

Usai lihat-lihat proses pembuatan mie, kami berkumpul di aula. Seperti standar kunjungan ke pabrik lainnya, kami disuguhi video profile perusahaan. Sambil melihat slide di ruangan yang dimatikan lampunya, kami disuguhi semangkuk mie goreng Sarimi rasa Pecel. Wah, makannya sambil gelap-gelapan nih.

Oh,ya, sebenarnya saya sudah lama nggak makan mie instan ( ada 2 tahunan kali). Kalo makan mie ayam  (apalagi mie Bandung) sih masih. Tapi dengan pertimbangan ini itu, saya makan beberapa sendok. Saya sih nggak anti makan mie instan. Mungkin otak saya sudah ngatur gitu, nggak ada keinginan untuk makan mie instan.

Selesai lihat slide dan makan, lampu kembali dinyalakan. Tanya jawab pun dilakukan Pak Rustam dan para ibu. Yang bisa jawab pertanyaan dapat sebungkus mie instan isi 5 biji. Dari situ kami dapat penjelasan kalo bikin mie rebus nggak usah dibuang air pertamanya karena ada kandungan vitamin dan mineral. Trus, maksimal mie instan aman dikonsumsi sebanyak 5-10 bungkus per hari * hampir pingsan saya mendengarnya.


Tak terasa hampir 2 jam kami berada di areal pabrik. Sebelum pulang masing-masing kami dapat goody bag berisi aneka mie instan produk Indofood. Oh ya, untuk kunjungan ini kami ditarik biaya 20 ribu/ orang, dengan fasilitas bus antar jemput, mencicipi produk, dan mendapat aneka produk Indofood. Saat jam menunjukkan pukul 13.00 bus pun melaju, mengantar kami kembali ke komplek Kendal Permai.

yuk, cap cus

masuk areal pabrik


video profile perusahaan

icip-icip


Bu Ketua Paguyuban
ini goody bag nya

1 komentar: