Rabu, 09 September 2015

# ceritaku

Persiapan Ospek di UGM

Di akhir Ramadhan yang syahdu, berita bahagia itu datang. Nabila keterima di Fakultas Psikologi UGM * alhamdulillah, sujud syukur kami sekeluarga. Kami sempat H2C karena jalur SBMPTN gagal, SNMPTN nggak lolos, eh…ternyata nyangkutnya di jalur Mandiri.

Hanya beberapa hari setelah itu, sudah terpampang pengumuman di web semua untuk persiapan PPSMB atau bahasa gampangnya Ospek. Ketika saya intip, wah…luamayan banyak juga yang harus dipersiapkan. Mulai dari yang standar kayak tahun sebelumnya: hem putih lengan panjang, rok hitam, dasi hitam, jilbab segi empat putih, tas ransel hitam, caping, dan pom-pom merah putih. Sampai yang bikin esai dengan tema ini itu, pokoknya banyak deh.

Nah, sebagai Emak yang baik, untuk meringankan bebannya, saya mencoba sedikit membantu. Nyari caping, cat 4 warna, dan rafia merah putih. Bikin pom-pom dan menyisirnya sampai halus ngalahin rambut sendiri. Sampai bikin buku dari bahan bekas seperti tertera di web. Ini dia hasil karya tangan si Emak lebay:

aneka buku dari barang bekas

pom-pom merah putih

caping dan cat 4 warna

Oh, ya, sesuai keinginan Nabila, kami menuruti kemauannya untuk tinggal di asrama milik UGM. Dia yang nyari sendiri, dapetnya di Asrama Ratnaningsih, Bulaksumur Residence. Nggak begitu jauh dari Fakultas Psikologi. Demi mengisi kamar yang sudah ada kasur dan meja belajar, saya dan Nabila belanja-belanji untuk melengkapi ruangan yang diisi 2 orang itu. Mulai dari perlengkapan kamar mandi sampai keperluan dapur. Ini dia yang sempat kami beli di Kendal:

perlengkapan asrama

Sekedar informasi, UKT (Uang Kuliah Terpadu) Nabila adalah 5,25 jt per semester. Sementara teman Nabila yang tertinggi (penghasilan ortunya) harus bayar 9 jeti bok. Terus, bayar asramanya 5,4 jt ( 450 rb kali 12), kan hanya boleh tinggal di asrama itu 1 tahun saja. Oh, ya, uang sewa per lantai itu beda-beda, lantai 1= 500 rb/ bulan, lantai 2= 450 rb, lantai 3 =350 rb. Saat Nabila telpon pihak asrama awal Agustus, ternyata lantai 3 sudah penuh. Hahaha…ternyata pada suka yang murah-murah ya * persis kayak saya.

Dan, tanggal 9 Agustus 2015, adalah hari yang paling mengharukan *halah, kumat lebay nya. Saya harus melepas suami dan Nabila berangkat ke Jogja. Kebetulan suami ada tugas di Jogja 4 hari, yaudah…sekalian nganter Nabila.

Dua minggu kemudian….

“Mi, dah lihat penutupan PPSMB Palapa belum.”
“Belum, nanti malem deh Ummi browsing.”
Wow, ternyata di upacara penutupan PPSMB Palapa ada selebrasi membentuk logo ASEAN * kirain Burung Garuda kayak tahun lalu.

selebrasi membentuk logo ASEAN


Selamat jadi mahasiswa baru, Nak. Doa kami selalu menyertaimu. Sedih sebenarnya tidak bisa menghadiri pertemuan orang tua maba UGM pas pembukaan tanggal 18 Agustus 2015. Ada keperluan lain yang nggak kalah pentingnya, hiks... Selamat berjuang mencari ilmu, Anakku…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar