Kamis, 17 Agustus 2017

Indomie Dari Masa Ke Masa

Yeay...akhirnya dapet tas Indomie versi jadul *jingkrak-jingkrak. Iya, lagi ngetrend nih, di Indomaret jual 5 bungkus Indomie versi kemasan lama yang dikemas dalam mini tote bag. Harganya 16.900, hehehe...komplit banget yak. Padahal saya bukan SPG-nya Indomie. Ada 2 pilihan tote bag, yang satu versi tahun 1972, satunya 1982. Saya sih nurut ponakan saya yang bilang bagusan yang tahun 1982. Yasudah, lah, lha wong dia yang bayarin.




Kenapa saya ngebet pengin itu barang? Hehehe...namanya juga jaman sosmed. Teman-teman FB banyak yang ngomporin sih. Dari postingan biasa jadi viral, akhirnya banyak deh yang berlomba-lomba nyari. Di dalam tote bag itu isinya 5 bungkus Indomie (2 mie goreng, 2 mie rebus, dan 1 rasa kari ayam). Katanya itu dibuat sesuai rasa jaman dulu. Jadi bumbunya nggak se-strong versi baru. Ehm, kayaknya iya sih. Pas saya nyicip sarapan anak saya, emang rasanya tipis-tipis gitu, nggak sekuat yang sekarang.

Buat saya makan mie instan itu kayak makan bakso atau siomay, hanya sesekali aja. Saya malah pernah setahun lebih bener-bener nggak makan mie instan. Sampai sekarang pun nggak mau makan mie instan kalo ada pilihan lain. Kalo suami dan anak-anak masih suka makan, soalnya di keluarga mertua selalu ada stok sekardus. Jadi kalo pas silaturrahim ke rumah mertua, mereka serasa merdeka bisa menyantap mie instan sepuasnya. Di rumah satpamnya galak sih, hehehe...

Tapi perjuangan Indomie bisa bertahan sampai sekarang memang patut diacungi jempol. Diproduksi pertama tahun 1970 oleh  PT Sanmaru Food Manufacturing Co.Ltd, tapi mulai dipasarkan tahun 1972. Ketika itu hanya ada 2 varian rasa yaitu sari ayam dan sari udang. Sekarang? Wah, banyak sekali varian rasanya. Sampai bingung ngapalin dan mau pilih yang mana. Ada yang original, mie goreng dan mie rebus kaldu ayam, sampai yang rasanya disesuaikan dengan masakan khas Nusantara. Ada rendang, empal gentong, soto banjar, dan lainnya.


Tidak hanya dikenal di dalam negeri, di negara ASEAN, Australia, Amerika, dan Nigeria, Indomie sangat terkenal. Bahkan di Nigeria, ada pabriknya yang sudah berdiri selama 20 tahunan. Hingga orang sana mengira itu adalah produk asli negaranya. Tahun 2015 Indomie pernah dinobatkan sebagai merk dagang yang paling dipilih konsumen dunia, meski hanya peringkat 8. Setidaknya mengalahkan Knorr dan Dove.

Sebagai penutup, jangan sering-sering makan mie instan, nggak baik untuk kesehatan. Sesekali boleh lah. Indomie kan produk asli Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia, jadi patut kita apresiasi. Kita perlu belajar bagaimana perjuangannya dari yang sederhana hingga mendunia.

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

1 komentar: