Minggu, 20 Agustus 2017

Melihat Kekuatan TNI AU di Museum Dirgantara Mandala

Mau tau banyak tentang kekuatan TNI Angkatan Udara kita dari masa ke masa? Datang aja ke Museum Dirgantara Mandala. Lokasinya di dalam Komplek TNI AU Adi Soetjipto, Jogjakarta. Tiketnya juga terjangkau, 4 ribu rupiah per orang.

halaman museum

patung dekat pintu masuk

Apa saja yang bisa dilihat di sana? Banyak...yang pasti kita bisa melihat sejarah TNI AU, lengkap dengan pesawat yang dimiliki. Bahkan potongan pesawat Dakota VT-CLA yang ditembak Belanda disimpan di sana lho. Kalo datang berombongan, bisa dipandu oleh petugas museum. Nanti sambil berjalan mengelilingi museum akan dijelaskan satu per satu apa yang dilihat.

Begitu masuk museum, ada penjaga loket di sebelah kiri. Setelah itu kita akan menjumpai aula yang bisa buat foto bareng satu robongan. Nah, setelah itu barulah terlihat isi museum sebenarnya. Ada manekin seragam TNI AU, diorama peristiwa sejarah, dan dibagian akhir kita bisa melihat aneka pesawat milik TNI AU. Oh ya di sebelah pintu keluar ada toko yang menjual pernak-pernik, mulai kaos doreng, celana doreng, sampai miniatur pesawat. Buat yang nyari souvenir barang berbau militer, cocok nih.

aula depan




salah satu dalamnya pesawat

Hampir tiap akhir pekan, museum itu selalu ramai. Biasanya sih rombongan para siswa, entah dari wilayah Jogja sendiri maupun dari berbagai daerah se-Jawa. Dari luar pulau ada sih, tapi rombongannya nggak sebanyak dari Jawa yang biasanya 2-3 bus. Yang datang sekeluarga pake mobil pribadi juga banyak.

Saya sendiri sudah beberapa kali mengunjungi museum itu. Dulu, kebetulan Rumah Sakit tempat suami bertugas, posisinya persis di belakang museum. Kalo pas anak-anak libur sekolah, saya ajak mereka berjalan-jalan ke sana, sementara suami bertugas. Sekarang Rumah Sakit Pusat TNI AU sudah pindah lokasi di pinggir jalan raya Janti.

Kayaknya hampir selalu ada perubahan setiap saya mengunjungi museum itu. Tata letak, tata ruang, dan lainnya yang tentunya semakin membuat pengunjung nyaman. Bulan Mei 2017, saya sempat mampir, pas nganter ponakan tes ujian mandiri UGM. Di depan museum sekarang ada mini bunker. Tapi saya nggak mau masuk, desak-desakan sama anak muda sih. Takut nggak bisa nafas juga. Akhirnya keponakan saya yang masuk, hehehe...Buat yang mau jalan-jalan ke Jogja, Museum Dirgantara Mandala bisa jadi alternatif pilihan, terutama buat yang suka yang berbau militer.

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar