Jumat, 04 Agustus 2017

# ODOP

Ada Apa Dengan Umur 40 Tahun?

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang sholeh yang Engkau ridhoi; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri” (QS Al Ahqof 15)



Ayat ini menunjukkan bahwa umur 40 tahun adalah usia yang istimewa. Bahkan Nabi Muhammad diangkat menjadi Rasulullah di umur 40 tahun. Ibarat piramida, umur 40 adalah puncaknya umur umat Rasulullah. Setelah itu akan mengalami penurunan. Masing-masing orang berbeda, ada yang turunnya cepat, ada juga yang lambat. Perlu diingat pula umur 40 itu ibarat berada di persimpangan. Orang sudah bisa memilih, mau jalan ke surga atau neraka.

Maka bila usia kita sudah mencapai umur 40 tahun, sebaiknya lakukan hal berikut ini:
1. Berbaktilah pada kedua orangtua. Di umur 40 tahun, biasanya seorang laki-laki sudah berkeluarga, sudah bekerja, dan sudah mapan. Luangkan waktu menemui mereka, penuhi kebutuhan mereka, dan turuti keinginan mereka. Bagi para istri, ingatkan suami untuk melakukan itu. Bukankah seorang Ibu itu tanggung jawab anak lelakinya
2. Lebih taat pada perintah Allah. Siapkan bekal untuk kampung akhirat yang kekal abadi.
~ Hentikan pekerjaan begitu mendengar adzan. Yang laki-laki, segera ke masjid, usahakan sholat 5 waktu di masjid
~ Malu melakukan dosa, bukan karena manusia, tapi karena takut pada Allah
3. Perbanyak ibadah dan sedekah. Jangan sampai menyesal saat ditunjukkan buku amal kita, bahkan ingin dikembalikan ke dunia sebentar saja untuk menambah ibadah dan sedekah.
~ Jangan hanya sholat fardhu 17 rakaat, tambah dengan sholat sunnah
~ Sedekahkan apa yang kita punya untuk orang lain yang membutuhkan
4. Ingat umur.
~ Jangan mengecat rambut demi menutupi uban
~ Makan bukan pakai mulut tapi pakai otak, artinya berpikir dulu sebelum makan. Apakah makanan itu bisa membuat gula darah, kolesterol, atau asam urat naik
~ Jauhi zina. Ingat, ada 3 golongan manusia yang tidak akan dipandang Allah di akhirat nanti:
1.       Orang tua yang berzina
2.       Penguasa yang suka berdusta
3.       Orang miskin yang sombong

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia


2 komentar:

  1. Salam kenal mba.. artikel ya bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Masya Allah, jadi ingat abi yang sebentar lagi akan mencapai usia 40 th.. T_T

    BalasHapus