Jumat, 11 Agustus 2017

# ODOP

Kisah Tentang Keajaiban Istighfar

Setelah membahas tentang keutamaan istighfar, berikut ini ada 2 kisah yang menceritakan tentang keajaiban istighfar:
1. Istighfar si Tukang Roti
Kisah ini dialami dan diceritakan oleh Imam Achmad bin Hanbal. Pada suatu waktu, ada keinginan yang kuat dari Imam Achmad untuk mengunjungi kota Basrah. Padahal beliau tidak ada keperluan ke kota itu. Maka berangkatlah beliau dari Baghdad ke Basrah. Setelah menempuh perjalanan panjang, sampailah beliau di kota itu. Karena tidak ada tempat menumpang, beliau beribadah di masjid dan berniat bermalam di sana malam harinya.

Tapi ternyata, malam harinya Imam Achmad diusir oleh pengurus masjid.
“Hei, Syech, sudah peraturan di sini, tidak boleh tidur di masjid.”
“Tapi saya musafir, tidak ada tempat bermalam. Ijinkan saya bermalam malam ini, besok saya pergi.”
“Tidak bisa.”
Tiba-tiba, ada seorang tukang roti yang rumahnya tidak jauh dari masjid, melihat kejadian itu.
“Hei, Syech, tidurlah di rumahku, ada ruang kecil di dekat toko rotiku. Besok pagi silakan kalau Anda mau meninggalkan kota ini.”

Tengah malam, Imam Achmad terbangun dan melihat si tukang roti sedang bekerja.  Ada kebiasaan si tukang kue yang menarik perhatian Imam Achmad. Sambil mengaduk adonan, lelaki itu selalu istighfar. Terus beristigfar tanpa putus. Imam Achmad pun penasaran.
“ Tuan, sudah berapa lama kau punya kebiasaan beristighfar seperti itu?”
“ Sudah lama, sejak saya masih bujang.”
“ Lalu, apa yang kau dapatkan dari kebiasaan itu?”
“ Alhamdulillah, apa pun yang saya inginkan selalu Allah kabulkan. Iya, semua...tapi ada satu yang belum Allah kabulkan.”
“Apa itu?”
“Sudah lama saya ingin bertemu dengan Imam Achmad bin Hanbal, imam mahdzab saya. “
“Allahu akbar...wahai tukang roti, akulah Imam Achmad. Ternyata, istighfarmulah yang membuat aku mendatangi kota ini.”


2. Istighfar Seorang Ibu
Kisah ini dialami dan diceritakan oleh seorang ibu yang di tinggal wilayah Khasmir. Ibu ini memiliki anak perempuan yang memiliki penyakit tulang. Sudah berbagai dokter di wilayah itu yang didatangi si Ibu demi kesembuhan putrinya. Namun semuanya angkat tangan. Menurut mereka ada seorang dokter yang biasa menangani penyakit ini. Dokter tersebut seorang muslim ahli spesialis tulang, yang tinggalnya di India.

Mengetahui hal itu, si Ibu sangat sedih. Terbayang berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan bila harus berobat ke dokter itu. Maka yang bisa dilakukan si  Ibu ini hanya memperbanyak doa dan istighfar. Dan lihatlah bagaimana dahsyatnya kekuatan istighfar.
Jadi, ceritanya, sang Dokter mau menghadiri seminar di sebuah kota. Karena terjadi hujan badai, pilot memutuskan untuk mendarat di bandara terdekat. Sang dokter, demi menghadiri seminar memaksakan diri naik mobil. Sayang, hujan badai terjadi lagi. Maka sang Dokter terpaksa berhenti dan berteduh di sebuah rumah di pinggir jalan.

Setelah mengetuk pintu dan mengucapkan salam, sang Dokter dan sopirnya memohon agar diijinkan berteduh di rumah itu. Saat menunggu hujan reda dan menikmati minuman yang disuguhkan tuan rumah, tiba-tiba terdengar suara teriakan kesakitan.
“Siapa itu, Bu? Kenapa dia berteriak kesakitan?”
“Itu suara putri saya, dia menderita sakit tulang.”
“Kenapa tidak dibawa ke dokter?”
”Sudah beberapa dokter yang kami datangi dan mereka angkat tangan. Katanya hanya ada satu dokter yang biasa menangani kasus ini, namanya Dokter Fulan.”
“Subhanallah, luar biasa skenario Allah, Dialah yang membuat saya singgah di rumah ini. Wahai Ibu, sayalah Dokter Fulan.”
Putri si Ibu yang rajin istighfar itu, akhirnya ditangani oleh Dokter Fulan bahkan tidak ditarik biaya.

Kisah itu hanya sedikit dari sekian banyak kisah tentang keajaiban istighfar. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari semua itu. Jangan lupa teruslah beristighfar. Bahkan saat waktu sempit, padahal banyak sekali doa yang ingin kita panjatkan. Maka lebih baik gunakan waktu singkat itu untuk beristighfar. Insya Allah akan mengabulkan doa-doa kita.

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

1 komentar: