Jumat, 25 Agustus 2017

Baju Nggak Disetrika, Bisa Nggak Ya?

Kalo ditanya apa pekerjaan yang paling nggak disukai, maka saya akan menjawab : nyetrika! Kalo nyuci baju sih masih mending, tinggal dikucek trus masukin deh ke mesin cuci. Sambil nunggu mesin cuci bekerja, kita bisa buka-buka medsos dulu. Sementara kalo nyetrika itu nggak bisa disambi ngerjain yang lain.

Nah, tiba-tiba saya ingat ada loh Gerakan Tanpa Setrika(GTS) yang 2 tahun lalu pernah jadi bahan rumpi para emak-emak blogger. Ternyata banyak ya emak-emak yang memutuskan nggak  nyetrika baju-baju harian mereka. Yang wajib disetrika hanya baju seragam suami, anak, dan baju kondangan. Lha iya lah, baju kerja yang kusut menunjukkan cara kerja si pemakainya. Nha kalo kondangan pake baju kusut, itu nggak menghormati yang ngundang dong.

Jadi tekniknya menurut mereka begini: dicuci kayak biasa. Nah, pas proses pengeringan, baju dilipat rapi trus masukin mesin deh. Setelah dijemur sampe kering, lipat baju yang rapi trus masukin lemari. Masalahnya, bisa nggak ya saya ikut gerakan macam itu? Sejak lahir saya terbiasa make baju yang disetrika. Risih aja kalo make baju yang nggak disetrika. Kalo keluarga suami kayaknya udah lama deh ikut GTS, hehehe...

Sudah setahun lebih saya hidup tanpa ART, karena di rumah hanya ada 2 orang, saya dan si bungsu. Suami dan kedua anak saya tinggal di luar kota. Waktu awal-awal tanpa ART sering make jasa laundry dekat rumah untuk nyetrikain baju. Tapi kini, seiring makin besarnya biaya hidup (tsaahh), saya harus benar-benar mengencangkan ikat pinggang. Belum lagi ditambah dengan kenaikan TDL, wow!

Critanya, seminggu lalu pas silaturrahim ke rumah mertua, saya perhatikan kakak ipar dan ponakan sedang melipat baju yang sudah kering dijemur. Oh, ternyata kalo ngelipatnya rapi, nggak keliatan kalo nggak disetrika ya. Hmm...pulang dari sana saya coba praktekkan di rumah. Saya lipat rapi jali baju-baju anak lanang kedua yang berserakan di tikar ruang setrika. Saya memang nggak mau nyetrika bajunya. Bukan apa-apa, dia kan udah dewasa. Lagian dia kan lagi libur semesteran, daripada maen terus kan mending nyetrika bajunya sendiri.



Hasilnya? Setelah dilipat dan disusun, ternyata lumayan rapi ya ruang setrikanya, hehehe...Oke, deh, kayaknya saya harus ikut GTS nih. Selain hemat listrik, kan hemat waktu juga. Eh tapi kadang saya masih nyetrika baju harian saya, pas nyetrika seragam sekolah si kecil. Ya namanya juga masih masa peralihan.

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

2 komentar:

  1. Aisyah jarang setrika baju kak sejak di asrama, soalnya di sana saat kotor atau ganti baju, nggak dikumpulin, tapi langsung dicuci terus dijemur, jadi nggak kelipat-lipat atau kusut..

    BalasHapus
  2. lama2 nyaman jg pake kaos gak disetrika, hihihi...

    BalasHapus