Selasa, 26 Februari 2013

Ternyata Meditasi Bisa Menghilangkan Trauma




Setiap orang pasti pernah mengalami yang tidak menyenangkan dalam hidupnya. Entah itu mengalami kecelakaan, kehilangan orang yang disayangi, pelecehan seksual, tekanan dalam kehidupan, putus cinta, mengalami kekecewaan, rasa bersalah yang menghantui, atau berbagai pengalaman negatif lainnya yang mengendap dalam ingatannya. Pengalaman itu bisa menimbulkan trauma yang mengganggu pikiran dan bisa mempengaruhi masa depan orang itu. Menghapus trauma tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh komitmen dan konsistensi untuk mengusirnya secara perlahan-lahan sehingga akhirnya tidak ada yang tersisa.

Ternyata meditasi bisa menjadi salah satu jalan menghilangkan trauma di masa lalu. Meditasi bisa membantu mengikis trauma, karena kita akan dituntut untuk berdamai dengan diri sendiri apapun masalah yang kita hadapi. Meditasi membimbing kita menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Meditasi membuat kita menganggap persoalan bukan sesuatu yang harus disesali, melainkan tantangan yang harus dilalui. Meditasi mampu membuat kita kembali mencintai diri sendiri, mendekatkan diri pada Tuhan, dan mengubah hidup menjadi lebih positif.

Mengapa meditasi bisa mengubah trauma menjadi lebih positif? Sebab, meditasi membantu kita melalui aktifitas menenangkan pikiran dan tubuh melalui pernafasan yang mendorong gelombang otak menjadi lebih tenang. Meditasi membuat kita fokus pada masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan. Ketika ketenangan sudah kita dapatkan, maka kita akan lebih menikmati hidup yang kita jalankan saat ini.

Adjie Silarus, adalah Meditator yang sukses mengikis masa lalunya yang buruk melalui metode meditasi yang dilakukan terus menerus. Adjie mencapai titik bahagia bukan karena apa yang akan dia dapatkan di masa depan, tetapi karena apa yang sudah dia dapatkan sekarang dan apa yang telah dia lakukan untuk mengikis trauma masa lalunya. Bahagia bukan semata-mata sebagai akibat tapi bahagia pun menjadi sebab.

Menurut Adjie Silarus, meditasi bukan saja mampu membantu kita melepaskan diri dari trauma masa lalu, kecemasan serta ketakutan akan hal-hal yang belum tentu terjadi. Meditasi juga akan menuntun kita meraih ketenangan, optimistis, dan mengubah pikiran negatif menjadi positif. Bagi yang mengalami trauma masa lalu yang ingin dihilangkan, tidak ada salahnya mencoba melakukan meditasi.

(Minggu ini, Indscript Creative, agen naskah dan Personal Branding Agency, masih mengangkat sosok Adjie Silarus, sang Meditator, sebagai brand yang patut diperkenalkan pada masyarakat luas. Karena sepertinya Meditasi akan menjadi trend gaya hidup di tahun 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar