Sabtu, 20 Juni 2015

# jalan-jalan

Nikmatnya Nasi Beralas Daun Jati, Nasi Jamblang

Sudah dua kali mudik Lebaran, saya meminta pak sopir ganteng untuk lewat kota Cirebon. Biasanya sih dari Cikampek lewat jalan tol, jadi nggak lewat tengah kota Cirebon. Alasan pertama saya dulu, pengin makan nasi jamblang. Alasan yang kedua kalinya, ketagihan pengin makan nasi jamblang lagi, hehehe...

Asal tahu aja, yang saya makan bukan nasi jamblang yang paling terkenal di sana yaitu nasi jamblang Ibu Nur. Asal nemu aja, saat keluar tol tanya sana sini, warung jamblang terdekat mana. Yaudah, itu saja yang saya nikmati. Yang pertama dulu, dapet di dekat sebuah rumah sakit. Warungnya kecil tapi masakannya enak. Apa karena lagi lapar pas buka puasa ya, semuanya terasa nikmat.

Kalo yang kedua, lagi balik ke Jakarta kita mampir di warung jamblang dekat sebuah masjid. Sekalian sholat Ashar gitu. Yang ini masakannya cenderung manis. Dan total uang yang saya keluarkan 75 ribu. Wow...lumayan juga, apa karena masih suasana Lebaran ya, jadi masih mahal. Padahal di warung nasi kucing langganan saya di Pondok Gede, 50 ribu sekeluarga sudah kenyang banget. Ini nasinya dikit banget dan saya belum kenyang, Saudara-saudara.

Buat yang belum tahu nasi jamblang, yang pasti itu bukan nasi plus buah jamblang. Itu makanan khas kota Cirebon berupa nasi sedikit (seukuran nasi kucing) yang dibungkus daun jati. Lauknya tinggal pilih sendiri. Ada sayur tahu, ayam goreng, semur daging dan lidah, blakutak alias cumi, udang goreng, tempe goreng, dan perkedel. Di rumah makan Ibu Nur malah katanya ada 40 macam lauknya. Wow...pasti bingung milihnya.

Yang membuat nasi jamblang terasa nikmat itu karena pengaruh aroma daun jati, kayaknya. Dulu waktu saya masih kecil ada di daerah pelosok Kendal yang mengalasi makanan dengan daun jati. Itu juga rasanya nikmat banget. Konon katanya, sejarah dipakainya daun jati di Cirebon itu peninggalan jaman penjajahan Belanda. Para pekerja pembuat jalan Dandels antara Anyer-Panarukan menggunakan daun jati sebagai alas makan mereka. Bagi yang penasaran dengan nasi beralas daun jati, harus menikmati nasi jamblang saat lewat di kota Cirebon. Dijamin ketagihan kayak saya, hehehe...

aneka lauk, silakan pilih

enak, kata anak lanang

nasinya dikit, lauknya yg buanyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar