Minggu, 07 Juni 2015

# curhat

Ternyata Saya Bisa!

Kadang masih suka nggak percaya. Kok bisa ya, saya yang orangnya dulu minderan, susah ngomong, dan nggak gaul ini bisa jadi founder komunitas. Iya, di awal bulan Desember 2014 saya nekat mendirikan komunitas para crafter di Kendal dengan nama Kendal Crafter. Anggotanya para perempuan yang punya hobi bikin kerajinan tangan. Baik yang saat ini domisili di Kendal maupun orang asli Kendal yang saat ini tinggal di kota lain.

Lucu juga kalo ada yang tanya motivasi saya mendirikan Kendal Crafter (KC). Jadi gini,beberapa bulan sebelum saya pulang kampung ke tanah air tercinta, saya dilanda ketakutan hebat * serius. Nanti di rumah lama, teman saya siapa. Teman tempat kerja dulu jelas semakin sibuk dengan pekerjaannya. Dengan tetangga, saya nggak begitu akrab. Teman sekolah TK, SD, SMP, dan SMA pasti juga sudah menyebar ke berbagai kota.

Maka mulailah saya mencari nama teman di komunitas yang tinggalnya di Kendal dan Semarang. Kalo Komunitas IIDN jelas sudah ada korwil Semarang. Nha, kalo teman sesama crafter? Alhamdulillah, waktu ada beberapa komunitas yang juga membagi para crafter sesuai domisili. Saat nyari yang dari Kendal, ketemulah nama Lope Lope Craft. Ownernya: Nur Diana Aningsih. Dialah orang pertama yang saya inbox FB-nya.

Mulailah saya keluarkan jurus SKSD (sok kenal sok dekat). Ngenalin diri, curhat mau pindah ke Kendal, trus tanya tinggal di mana, bla...bla...bla...Terakhir bilang, “ Kalo dah pindah ke Kendal, nanti aku maen ke rumahmu, ya?” Jurus yang sama juga saya lancarkan ketika menemukan orang kedua yaitu Mbak El Qibty. Hahaha...norak banget pokoknya saya waktu itu.

Setelah benar-benar balik kampung ke Kendal, saya sibuk menenangkan diri sampai berbulan-bulan. Hingga akhirnya menjelang Ramadhan saya benar-benar bertemu muka denga Diana. Saya main ke rumahnya dan sempat beli gamis dagangannya juga * biar lebih akrab. Sementara Mbak El Qibty, malah dia yang datang ke rumah saya saat mau nganterin orderan ke Mbak Octa, sesama crafter. Hmm...tambah satu lagi teman crafter saya.

Dari hasil ngobrol sana sini lewat FB akhirnya kita janji ketemuan di Kolam Renang Tirto Arum tanggal 7 Desember 2014. Hanya dengan mengandalkan saling colek, terkumpullah 8 orang perempuan, para crafter Kendal yang luar biasa. Kelak di saat kita bingung menentukan tanggal berdirinya KC, temen-teman ini sepakat menjadikan tanggal 7 Desember, saat pertemuan pertama itu, sebagai tanggal berdirinya Kendal Crafter.

Lima bulan berjalan, anggota KC bertambah menjadi 30-an orang. Kami rutin bertemu setiap bulan, beranjangsana di rumah anggota, dan saling berbagi ilmu. Dan tepat di hari ulang tahun saya ke-44, taggal 10 Mei 2015, saya mengumpulkan teman-teman di Tirto Arum (lagi). Rasa haru menyeruak di dada, saya nggak ketakutan lagi karena nggak punya teman. Mereka adalah teman-teman saya, mereka kini jadi saudara saya. Mereka yang membuat saya yakin dan percaya diri bahwa ternyata saya bisa! Bisa mengawal mereka menjadi crafter yang lebih produktif. Semoga kita nanti sukses berjama’ah ya, Saudariku.


 
Pertemuan pertama, Desember 2014

Pertemuan Mei 2015

1 komentar: