Kamis, 19 September 2013

# curhat

Happy Parenting ala Novita Tandry

Alhamdulillah, hari ini bisa bertatap muka dan menimba ilmu dengan Novita Tandry, pemilik preschool Tumble Tots, di Puri Ardhya Garini. Sarjana Psikologi lulusan University of New South Wales itu sudah cantik, badannya ramping, multy talent lagi. Kegiatannya seabreg, tapi pintar mengatur waktu untuk diri dan keluarga. Waktu hampir dua jam mendengar sharing ilmunya serasa dua menit saja.

Di awal pertemuan Novita bertanya, “Siapa yang mau menjual anaknya? Saya beli 1,5 M, deh." Tak ada yang mengangkat tangan. Kemudian, "Siapa ibu-ibu di sini yang suka membelikan baju atau sepatu anaknya dengan ukuran satu nomor di atas ukuran aslinya?” Wah, ternyata banyak juga yang mengangkat tangannya. Menurut Novita, jangan memberikan anak sesuatu yang bukan ukurannya. Sebenarnya si anak tidak nyaman, tapi kadang dia tidak berani protes, takut diomelin ibunya. Demikian analogi dalam hal pengasuhan anak.

Dan ini dia secret happy parenting versi Novita Tandry yang sudah beliau praktekkan bertahun-tahun dalam mendidik kedua anaknya maupun murid-muridnya.

Secret 1 : Enjoy each other. Ciptakan suasana nyaman di dalam rumah.
Secret 2 : Swap Stores. Saling berbagi atau bertukar cerita.
Secret 3 : Put the Marriage First. Berikan contoh nyata tentang cinta. Jangan jadikan anak sebagai penyuplai kasih sayang.
Secret 4 : Break Bread Together. Membiasakan sebuah hubungan. Makan bersama minim 4 x seminggu.
Secret 5 : Play Together. Lakukan satu atau dua kegiatan di malam hari. Dongeng atau baca novel.
Secret 6 : Put Family Before Friends. Keluarga lebih diprioritaskan disbanding teman-teman.
Secret 7 : Limit Children’s After Scholl Activities. Batasi aktivitas setelah pulang sekolah. Ganti dengan kegiatan yang memiliki tujuan, misalnya bermain sepatu roda, bersepeda, lari, jogging, berlatih gym, atau berenang.
Secret 8 : Build and Honor Rituals. Ritual bisa yang bersifat religious, nasional, atau acara keluarga yang lebih spesifik.
Secret 9 : Keep Your Voice Down. Ciptakan lingkungan yang nyaman agar tumbuh kembang anak bisa optimal. Bicara- buat aturan yang jelas- beri hukuman yang sepantasnya. Jangan sampai kehilangan kontrol atau memarahi mereka sambil berteriak.
Secret 10 : Never Fight in Front of Kids. Terkadang perkelahian atau pertengkaran mungkin saja bisa terjadi. Segera minta maaf dan katakan bahwa Ayah Ibu hanya berbeda pendapat, tapi sekarang semuanya baik-baik saja.
Secret 11 : Don’t Work Too Much. Terus bekerja dan tidak punya waktu luang bisa membuat hubungan dengan anak menjauh.
Secret 12 : Encourage Sibling Harmony. Buatlah anak akrab dengan anggota keluarga lainnya.
Secret 13 : Have Private Jokes. Ada gurauan dan canda tawa.  Panggil dengan nama julukan atau panggilan sayang.
Secret 14 : Be Flexible. Akan ada perubahan dalam keluarga baik dari usia maupun jumlah anggota keluarga. Ada yang menikah, meninggal, yang remaja akan tumbuh dewasa.
Secret 15 : Communicate. Selalu berkomunikasi satu sama lain.

 Di akhir acara diputarkan 2 tayangan singkat (salah satunya saya pernah lihat, iklan tahun baru Cina) tentang keluarga yang bikin mewek sebagian ibu-ibu (termasuk saya), hiks…Habis, mengena banget. Saat orang yang kita cintai tidak ada, baru terasa betapa kita merindukan hal-hal tentang dia, termasuk hal yang kita tidak sukai sebelumnya.


Apa yang disampaikan Novita Tandry hari ini membuat saya ingin segera pulang dan berlari memeluk ketiga buah hati saya. Maafkan Ummi yang ilmu pengasuhan anaknya sangat terbatas ini ya, Nak. Masih banyak kesalahan yang sering Ummi lakukan. Ummi berjanji akan terus belajar dan berusaha agar menjadi ibu yang baik buat kalian bertiga * peluk dan cium satu-satu.

harta paling berharga yang saya miliki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar