Jumat, 26 Juli 2013

# jalan-jalan

Tips Mendapatkan Buku Murah Berkualitas

Bagi seorang penulis atau seorang kutu buku, mendapatkan buku yang diinginkan dengan harga lebih murah dari harga toko seperti mendapat durian runtuh. Ya, karena bagi mereka buku adalah sumber referensi, sumber inspirasi, dan sarana rekreasi.

Berikut adalah tips mendapatkan buku dengan harga lebih murah tapi berkualitas:
1.  Rajin-rajinlah mencari info diskon di toko-toko besar seperti Gramedia atau Gunung Agung. Saya biasanya tahu adanya diskon dari jejaring sosial, karena saya berteman dengan mereka. Kadang juga info dari teman atau pas kebetulan lewat di depan toko yang sedang diskon.
2. Datanglah ke acara pameran buku atau book fair. Hampir semua peserta pameran selalu memberikan diskon pada buku-buku yang mereka jual. Di Jakarta yang rutin setiap tahun adalah Islamic Book Fair, Jakarta Book Fair, dan Indonesia Book Fair. Tempatnya biasanya di daerah Gelora Bung Karno, Senayan.
3. Cari info tentang buku murah di toko buku online. Lewat website dan jejaring sosial kita bisa mendapatkan info tentang buku apa saja yang sedang diskon di toko buku online. Selain buku baru, banyak juga toko buku online yang menjual buku bekas. Keuntungan membeli lewat online, kita tidak perlu bersusah payah mencari-cari di rak buku. Soal ongkos kirim usahalan cari yang setara dengan ongkos bensin yang kita keluarkan bila kita pergi ke toko buku. Kekurangan membeli lewat online, kita tidak tahu pasti kondisi buku, apakah semua halamannya masih bagus dan tak ada lipatan. Kita juga tidak tahu keaslian buku itu. Jangan salah, di negara kita bukan cuma ada VCD/DVD bajakan, buku bajakan juga banyak beredar.
4. Datanglah ke acara launching buku. Meski tidak semua, ada beberapa penulis yang mau membagikan buku yang baru dilaunchingnya. Contohnya saat launching buku Cerita di Balik Noda karya Fira Basuki yang disponsori Rinso. Semua yang hadir mendapatkan buku cantik itu. Wah, ngiri saya pada teman-teman saya yang hadir di acara itu.
5. Jangan gengsi mencari buku bekas di kaki lima. Di Jakarta ada beberapa tempat yang menjual buku-buku bekas. Soal kualitas, kita harus pandai-pandai memilihnya. Kalau beruntung, kita bisa mendapatkan buku yang masih bagus dengan harga miring. Contohnya di daerah Kwitang, kawasan Pasar Senen, dan lantai dasar Blok M Square. Saya biasanya mencari komik dan buku bekas di Blok M. Tempatnya nyaman; bersih dan ber-AC.

Dalam satu bulan terakhir saya beruntung mendapatkan buku-buku murah dan berkualitas.
- Saat berbelanja ATK di Pasar Jatinegara, saya menemukan buku crafting ini. Di toko harganya 45 ribu, ini cuma separohnya( maklum buku bekas).


- Saat mengantar suami dan anak mencari buku untuk keperluan sekolah mereka di Blok M, saya mendapatkan buku-buku ini. Di tobuk yang Edutoys harganya 65 ribu, ini hanya 20 ribu, trus Cookie-nya Jaqueline Wilson hanya dihargai 10 ribu. Wua...coba ada lagi, mau banget buku anak keren kayak gitu.


- Yang ini dapat dari Tobuk Gramedia Matraman saat ada obral buku murah. Harganya 15 ribu.

- Sementara yang ini beli dari online shop (OS) teman saya yang jualan bahan-bahan crafting. Di tobuk 45 ribu, dia jual 25 ribu.



Mendapatkan buku-buku murah itu sesuatu banget, serasa menemukan harta karun. Itu karena saya lebih suka beli buku (bacanya kapan-kapan, hehehe...) daripada baju dan tas seperti teman-teman saya. Ya, iyalah, buku murah kok dibandingkan dengan baju dan tas yang harganya jutaan, nggak nyambung...

1 komentar:

  1. Mungkin toko buku bekas online ini juga dapat jadi tambahan alternatif beli buku-buku murah, jika minat silahkan ke www.aksiku.com

    BalasHapus