Selasa, 16 Juli 2013

# curhat

Kerepotan di Awal Tahun Ajaran Baru

Sehari menjelang hari pertama masuk sekolah, saya baru membelikan peralatan sekolah untuk Nabila dan Nabil. Ternyata saya tidak sendiri. Banyak ibu-ibu lain melakukan hal yang sama. Maka yang terjadi adalah...pasar dan mall penuh sesak.

Tas sekolah Nabil dah dapat, tinggal alat tulis Nabila. Selera putri saya itu memang lumayan tinggi. Nggak mau pulpen grosiran. Yaudah, turuti aja. Di Gramedia Pondok Gede antrian di depan kasir ATK mengular, sebagian diminta pindah ke kasir buku.

Di sela-sela menunggui anak-anak memilih, saya melihat keseruan sebagian ABG di sebuah sudut.
“Eh, kertasnya kayak apa, sih? Aduh si Mbaknya mana sih?” seorang cowok berbadan subur tampak gelisah, sambil melihat kertas catatannya.
“Gue dah dapat nih, tinggal nyari tali sepatu doang,” temannya, seorang gadis manis, menimpali.
Ah, ternyata mereka sedang mencari peralatan untuk MOS.

Setahun yang lalu, saat Nabila masuk SMA, saya juga ikutan repot nyari ini itu. Hmmm...inilah repotnya sekolah di Jakarta. Yang harus dibawa selama MOS lima hari, barangnya berbeda-beda. Jadi hampir tiap hari, saya ngider keluar rumah demi memenuhi persyaratan itu. Bayangkan hari pertama: membawa bekal makan siang dari laut dan dari gunung. Waduh, kok kayak cerita Toto Chan ajah. Dah pasti kalau ini nasi pake sayuran dan ikan. Lha, ada lagi coklat segitiga, snack Chiki 3 rasa, buah lonceng, air gunung 1 liter (padahal gak ada kemasan yang pas seliter), susu coklat rasa strawberry (yang ini diakalin dengan mengganti labelnya), dan apa lagi ya...pokoknya banyak deh. Belum lagi harus pake name tag yang gede dari kertas emas plus ada fotonya.

Suatu saat ketemu ibu-ibu yang juga lagi nyari air mineral di mall.
“Nyari barang untuk MOS, Bu?”
“Iya, nih. Aneh-aneh saja ya permintaan panitia.”
“Betul , Bu, anak saya aja disuruh nyari air minum alay.”
“Apa itu?”
“Maksudnya ternyata AdeS. Lihat saja tulisannya, huruf besar dan kecil dicampur.”
What? Saya tepok jidat, serasa jadi pramuka aja ya, pake bahasa sandi kayak gitu.

Tiba-tiba, saya teringat anak kedua saya yang terpaksa harus sekolah SMA di kampung. Apa dia juga lagi sibuk nyari keperluan MOS kayak di sini, ya? Malamnya saya telpon dia.
“Le, keperluan MOS-nya apa aja? Udah dibeli apa belum? Disuruh bawa makanan nggak?”
“Aduh, Mak, ini kan puasa, jadi ya nggak disuruh bawa makanan. Cuma disuruh beli kertas yang nanti ditulisi sama pake kaus kaki yang beda warna.”

Cuma itu? Ya, itulah bedanya sekolah di daerah dan di Jakarta. Mentang-mentang kota seribu mall, kalo ngasih persyaratan MOS macam-macam. Satu lagi, di daerah baju seragam diberikan dalam bentuk kain, jadi harus dijahitin sendiri. Sementara di Jakarta, yang jual baru seragam bejibun, tinggal nyiapin dompet dan isinya.


Duh, tiba-tiba jadi pengin pulang kampung, nungguin anak-anak sekolah di sana. Kehidupan di kampung rasanya aman, tentram, dan damai. Tapi...lha trus siapa yang ngurus bapaknya anak-anak? Kan dia nyari uangnya di Jakarta *plok, tepok jidat lagi.

1 komentar:

  1. kadang suka ngeselin kl lg ikut MOS, tp udahnya suka bikin sy senyum2 :D

    BalasHapus