Senin, 27 Oktober 2014

# ceritaku

Bukan Blogger Beneran alias Abal-abal

Hei, 27 Oktober itu ternyata Hari Blogger Nasional, ya? Baru tahu saya, hehehe…maklum blogger pemula. Pantesan sepanjang hari ini temen-temen blogger pada posting di FB link blog mereka yang kalimat penutupnya: Selamat Hari Blogger Nasional atau Happy National Blogger Day. Wah, saya juga mau nulis tentang blog saya ah. Kalau Pakdhe Cholik alias Guslix Galaxy judulnya: “Saya Blogger Beneran”, saya sebaliknya *biar dibilang anti mainstream, hihihi…

Saya mulai kenal dan akhirnya bikin blog di akhir tahun tahun 2012 *unyu kan? Ceritanya waktu ikut acara Nova Ladies Fair, saya ketemu dengan teman-teman dari komunitas KEB alias Kumpulan Emak Blogger. Di mata saya mereka itu semua cantik dan smart. Seusai acara, saya meluapkan rasa penasaran dengan membuka FB dan blog mereka. Wuih…ternyata kerena abis! Orangnya cantik-cantik, tulisannya enak dibaca, lagi.

Saya pun merengek-rengek pada anak saya untuk membuatkan blog * nasibmu, Nak, punya emak gaptek. Setelah merayu-rayu plus nyogok pake sebatang coklat, jadilah blog impian saya: catatanjengsri.blogspot.com. Huray! Berhubung gaptek parah (ditambah faktor U), hampir tiap hari saya dan putri saya adu mulut persis preman rebutan lahan parkir. Contohnya begini:
Saya     : cara naruh link itu gimana sih? Trus cara masang logo di side bar itu gimana?
Anak    : gini, blablabla bliblibli blublublu… (pokoknya merepet kayak petasan)
Saya     : aduk, Nduk, jangan cepet-cepet gitu, lah. Emakmu ini kan Pentium 1 yang jalannya kayak siput hamil lagi kelaparan (perumpamaan ngarang sendiri)
Anak    : ih, kemarin kan sudah diajari, masak lupa caranya?
Saya     : oh,ya? (garuk-garuk meja)

Perlahan namun juga tak pasti, saya mulai mengisi blog saya. Isinya curhatan cerita sehari-hari, laporan pandangan mata saat saya mengikuti berbagai acara, dan tulisan yang diikutkan GA alias giveaway. Oh, ya, saya beberapa kali mencoba mengikuti GA yang diadakan teman-teman blogger. Alhamdulillah, tak ada satu pun yang menang * nunduk menatap jempol kaki. Tapi jangan panggil saya jeng sri imut-imut kayak marmut kalo gampang menyerah.

flash disc hasil nulis di blog. itu pun gara2 jumlah hadiah lebih banyak daripada pesertanya

Sampai detik ini saya masih ngisi blog saya (meski nggak bisa rutin tiap hari). Kenapa?
1. karena ngeblog itu kayak ngisi diary jaman SMP/SMA dulu. Kita bebas ngomongin apa saja semau kita. Bedanya diary kita ini bisa dibaca banyak orang, jadi mikir kalo mau ngomong jorok * eh
2. menulis itu butuh skill bukan bakat, semakin sering nulis maka akan semakin terampil. Saya suka ngikik sendiri kalo baca tulisan di awal-awal ngeblog dulu * garing boo
3. kata teman saya, ngeblog itu bisa jadi sumber duit * hah…duit, mata langsung ijo. Beberapa orang teman blogger saya sudah sering nerima kerjaan dari blog. Biasanya diminta mereview suatu produk, setelah menulis testimony di blog, jadi duit deh tulisannya. Meski belum sampai ke level itu, boleh dong saya bermimpi dapat uang dari blog *lanjutin tidur
4. sarana berbagi ilmu dan pengalaman. Mungkin banyak orang yang nggak pernah mengalami sesuatu seperti yang saya alami. Nah, dengan membaca blog saya, orang jadi tahu. Atau mungkin pernah mengalami sesuatu yang sama dengan saya. Tapi saya yakin kalo ditulis pasti hasilnya berbeda
5. dengan ngeblog kita jadi semakin banyak teman. Saya sering terkaget-kaget saat baca email, inbox, atau sms dari seseorang yang belum saya kenal. Katanya sih mereka tahu saya karena membaca blog saya. What? *nyari posisi yang enak dulu buat pingsan.

Nah, akhir kata seperti teman-teman blogger lainnya: Selamat Hari Blogger Nasional. Yuk tetap ngeblog, kalo bisa setiap hari. Seperti kata Pakdhe Cholik, blog yang 6 bulan nggak pernah diisi bakalan didatangi PH buat syuting acara Dunia Lain. Jiakakaka…sindiranmu mak jleb banget, Pakdhe. Oh ya, di maya saya Pakdhe Cholik itu memang inspiratif banget loh. Pensiunan jendral bintang satu TNI AD, usia 64 tahun, ngeblog tiap hari, dan sudah nerbitin 11 buku. Trus, saya kapan seproduktif beliau *blogger abal-abal mau ngumpet dulu ah…




2 komentar:

  1. Mama saya juga gitu Jeng.. Waktu pertama kali punya HP, sering tanya dan memang saya dan adik2 mesti pelan2 ngajarin. Adik saya yg nomor 2 itu kan nggak sabaran, ya akhirnya berujung adu mulut sih, tapi alhamdulillah sekarang sudah bisa sms, telepon, nerima telepon, ganti ring tone, nyetel musik, ngelod spiker, ngemute, ngambil foto. Mmmm... apalagi ya.
    Yang penting sebenernya kemauan kita untuk terus belajar sesuatu yg positif. Salut buat Jeng Sri.. :) Keep bloging ya Jeng.. :)

    BalasHapus
  2. Insya Allah, bakalan ngeblog terus...biar yang ada di kepala tersalurkan...

    BalasHapus