Minggu, 20 Agustus 2017

Belajar Dari Orang-orang Nekat

Hari ini luar biasa! Saya diberi kesempatan bertemu orang-orang yang sukses dengan modal nekat. Mereka adalah narasumber di acara yang diadakan Orisinal Indonesia. Bertempat di Hotel Pesonna, Jl.Depok 33 Semarang, acara bertajuk “Nekat Kejar Sukses” dihadiri 100 pengusaha muda yang diseleksi. Wah, beruntungnya saya sudah nggak pantes disebut muda lagi, hehehe...


Narasumber utama acara ini adalah Bapak Ahmad Sahroni, pengusaha sukses di bidang suplai bahan bakar kapal. Beliau adalah owner sekaligus Presiden Direktur dari PT. Ekasamudra Lima, PT. Ruwanda Satya Abadi, dan PT. Sagacos Intec. Dalam kesempatan ini, beliau hadir sebagai narasumber pertama, karena kesibukan dan keterbatasan waktu, jam 12 harus segera balik ke Jakarta.

Pak Roni hanya sedikit menceritakan tentang kisah hidupnya yang kayak jet coster. Kalau diceritakan semua bisa makan waktu 3 hari 3 malam, hehehe...Jadi Pak Roni itu lahir di Tanjung Priok, dari pasangan Batak dan Minang, yang nggak jelas siapa Bapaknya. Dibesarkan oleh Ibu dan Neneknya dengan ajaran agama yang keras. Itulah yang membuatnya jadi pribadi yang lurus.

Lulus SMA bekerja di kapal yang berlayar di di Eropa. Tak tahan bekerja di sana, nekat turun di Florida dan bekerja di restoran Chinatown, Atlanta. Hanya bertahan setahun lalu pulang ke tanah air.  Profesi yang dijalani selanjutnya adalah sopir dari Boss perusahaan pensuplai bahan bakar kapal. Dari sana beliau belajar banyak seluk beluk bisnis beromset milyaran ini. Kok bisa?

Jadi walaupun sopir, tapi sering diajak  para Direktur terjun ke lapangan, sementara Bossnya (Dirut) sedang bermaksiat dari hotel ke hotel. Hingga akhirnya suatu saat Pak Roni dituduh mencuri uang hasil penjualan. Betapa sakit hati beliau, sudah bekerja mati-matian diperlakukan seperti itu. Atas saran beberapa orang, Pak Roni mendirikan usaha sendiri. Beliau menuruti saran temannya dan menyebutnya perusahaan dalam perusahaan. Iya, karena beliau masih tetap menjadi sopir di sana.

Qodarullah, usaha pribadinya dapat klien pertama yang memberinya keuntungan 500 juta. Suatu saat terjadi perselisihan antar para Direktur yang merupakan kakak beradik, yang berujung keluarnya para Direktur. Oleh Boss-nya Pak Roni diangkat menjadi Manager dengan gaji yang kecil. Bertahan beberapa tahun akhirnya Pak Roni keluar dan membesarkan usahanya sendiri yang sudah punya banyak klien.

Kini usaha Pak Roni omzetnya sudah ratusan milyar. Beliau yang tetep memilih tinggal di Tanjung Priok ini suka melakukan kegiatan sosial. Mungkin karena jiwa sosialnya itulah, beliau dipilih menjadi wakil rakyat dari Partai Nasdem. Ada nasehat Pak Roni untuk para pengusaha muda:
~ Teruslah bermimpi
~ Keluarga yang tidak utuh bukan halangan untuk sukses
~ Hormati selalu orang tua, terutama Ibu. Jangan sakiti hatinya, minta doa restunya, dan bila sudah sukses dialah orang pertama yang harus kita bahagiakan
~ Jangan takut, mudah menyerah, dan berkata tidak bisa
~ Pengusaha itu harus Jujur

Pak Roni in action

foto bareng

goody bag dan sertifikat


Setelah Pak Roni, masih ada 4 narasumber lain yang nggak kalah keren. Saya tulis nanti ya kelanjutannya. Acara dimulai jam 9 sampai jam 16, sementara saya harus naik bus 1 jam untuk sampai rumah. Jadi tunggu lanjutannya, jangan ke mana-mana...

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

1 komentar:

  1. orang sukses selalu berawal dr mimpi dan restu ibu... btw, temanku jg ada mirip "perusahaan dlm perusahaan" ini. krn sering diajak bosnya ke supplier trus akhirnya tmen dpt klien jg tanpa spengetahuan bosnya...

    BalasHapus